Panggilan Interview Kerja Lewat WhatsApp

Halo sobat LokerIDN, selamat datang di panduan untuk panggilan interview kerja lewat WhatsApp! yang akan kita bahas kali ini. Dalam era digital saat ini, banyak perusahaan menggunakan platform pesan instan seperti WhatsApp untuk mengadakan sesi wawancara dengan calon karyawan. Artinya, Anda harus siap menghadapi wawancara dalam format yang sedikit berbeda dari wawancara tradisional.

Bila Anda mendapatkan panggilan interview kerja lewat WhatsApp, tidak perlu khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah persiapan, memberikan tips untuk menghadapi pertanyaan kritis, dan membahas etika komunikasi selama wawancara. Mari kita mulai perjalanan menuju pekerjaan impian Anda!

Mengapa Panggilan Interview Kerja Lewat WhatsApp?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita pahami mengapa perusahaan kini lebih cenderung menggunakan panggilan interview lewat WhatsApp daripada metode tradisional. Ada beberapa alasan utama di balik ini:

1. Kemudahan dan Efisiensi

Panggilan interview lewat WA menghemat waktu dan usaha bagi kedua belah pihak. Perusahaan dapat dengan cepat menyampaikan jadwal wawancara kepada calon karyawan dan calon karyawan pun dapat dengan mudah mengkonfirmasi ketersediaan mereka.

2. Aksesibilitas Global

Metode ini memungkinkan perusahaan untuk mewawancarai kandidat dari seluruh penjuru dunia tanpa batasan geografis. Ini memberikan peluang lebih besar bagi calon karyawan dan memungkinkan perusahaan mendapatkan bakat terbaik dari berbagai lokasi.

3. Interaksi Lebih Personal

WA memungkinkan interaksi yang lebih personal antara perusahaan dan calon karyawan. Pesan teks yang tidak formal dapat membuat suasana lebih santai, dan kandidat dapat merasa lebih nyaman dalam menjawab pertanyaan secara bebas.

Baca :  Accounting Supervisor

Panggilan Interview Kerja Lewat WhatsApp – Apa yang Harus Anda Ketahui?

Dalam bagian ini, kita akan membahas secara rinci tentang panggilan interview kerja lewat WhatsApp dan mengapa ini menjadi tren yang semakin umum digunakan oleh perusahaan.

1. Pengenalan WhatsApp sebagai Alat Wawancara

WhatsApp telah berkembang menjadi salah satu platform komunikasi paling populer di seluruh dunia. Banyak perusahaan menggunakan WhatsApp untuk melakukan panggilan wawancara karena kenyamanan dan fleksibilitasnya.

2. Keuntungan Panggilan Interview WhatsApp

Panggilan interview lewat WhatsApp menawarkan berbagai keuntungan, seperti menghemat waktu dan biaya perjalanan. Selain itu, panggilan video juga memungkinkan penilaian awal tentang komunikasi dan ekspresi calon karyawan.

3. Persiapan Sebelum Panggilan

Mempersiapkan diri adalah kunci kesuksesan dalam setiap wawancara. Bagian ini akan membahas persiapan yang diperlukan sebelum panggilan wawancara, termasuk penelitian tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

4. Tips Menghadapi Wawancara Lewat WhatsApp

Panggilan interview kerja lewat WhatsApp mungkin terasa tidak biasa, tetapi Anda dapat menghadapinya dengan percaya diri dengan beberapa tips berharga yang akan dibagikan di bagian ini.

Persiapan Sebelum Panggilan Interview Kerja Lewat Whatsapp

Bagian ini akan memberikan panduan tentang persiapan yang harus Anda lakukan sebelum panggilan wawancara dilakukan.

1. Penelitian tentang Perusahaan

Sebelum wawancara, pastikan Anda melakukan penelitian mendalam tentang perusahaan tersebut. Ketahui sejarah perusahaan, nilai-nilai inti, produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan berita terbaru tentang perusahaan tersebut. Informasi ini akan membantu Anda memberikan kesan positif saat berbicara dengan pewawancara.

2. Pahami Posisi yang Anda Lamar

Tinjau kembali deskripsi pekerjaan dan pahami tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi yang Anda lamar. Identifikasi keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut dan persiapkan jawaban yang relevan untuk pertanyaan yang mungkin diajukan.

3. Cek Koneksi Internet dan Perangkat Anda

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan perangkat yang berfungsi dengan baik untuk menjalani panggilan wawancara. Hal ini akan menghindari gangguan komunikasi yang tidak diinginkan selama sesi wawancara.

4. Ciptakan Lingkungan yang Tidak Bising

Cari tempat yang tenang dan bebas dari gangguan untuk menjalani wawancara. Jika mungkin, gunakan headphone untuk meningkatkan kualitas suara dan mengurangi kebisingan latar belakang.

Tips Menghadapi Wawancara Lewat WhatsApp

Berikut adalah beberapa tips berharga yang akan membantu Anda menghadapi wawancara dengan percaya diri dan sukses.

1. Jaga Postur dan Ekspresi Tubuh

Meskipun Anda berada di belakang layar, tetap penting untuk menjaga postur dan ekspresi tubuh selama wawancara. Duduk tegak dan tunjukkan ekspresi yang ramah dan antusias.

2. Gunakan Bahasa yang Tepat dan Baku

Hindari menggunakan bahasa kasual atau slang selama wawancara. Gunakan bahasa yang sopan dan baku untuk mencerminkan profesionalisme Anda.

Baca :  Tips Sukses dalam Tes Interview Indomaret

3. Berbicara dengan Jelas dan Tegas

Pastikan Anda berbicara dengan jelas dan tegas sehingga pewawancara dapat dengan mudah memahami jawaban Anda.

4. Berikan Contoh Konkret

Ketika menjawab pertanyaan, berikan contoh konkret tentang pengalaman atau prestasi Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Etika dan Tata Cara Komunikasi Selama Wawancara

Selama wawancara lewat WhatsApp, Anda perlu memperhatikan etika dan tata cara komunikasi yang benar. Bagian ini akan membahas hal tersebut.

1. Tepat Waktu dan Siapkan Panggilan

Pastikan Anda tepat waktu untuk panggilan wawancara dan siapkan segala sesuatunya sebelumnya. Jangan membuat pewawancara menunggu.

2. Dengarkan dengan Saksama

Jangan hanya fokus pada jawaban Anda, tetapi juga dengarkan pertanyaan dengan saksama. Jika perlu, minta pewawancara untuk mengulang pertanyaan.

3. Sampaikan Niat yang Jelas

Jelaskan dengan jelas niat Anda untuk bergabung dengan perusahaan dan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada kesuksesan mereka.

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Q: Apakah wawancara lewat WhatsApp sama seriusnya dengan wawancara tatap muka?

A: Ya, wawancara lewat WhatsApp memiliki tingkat ke-seriusan yang sama dengan wawancara tatap muka. Ini adalah kesempatan bagi perusahaan untuk mengevaluasi potensi calon karyawan.

Q: Apakah saya harus menggunakan akun pribadi WhatsApp untuk wawancara?

A: Sebaiknya gunakan akun WhatsApp profesional dengan nama dan foto yang sesuai dengan identitas profesional Anda.

Q: Bagaimana jika saya mengalami masalah teknis selama wawancara?

A: Segera hubungi pewawancara melalui pesan teks atau telepon jika mengalami masalah teknis yang tidak dapat diatasi.

Q: Apakah saya harus mengirim follow-up pesan setelah wawancara?

A: Iya, mengirim follow-up pesan untuk menyampaikan terima kasih atas kesempatan wawancara adalah sikap yang baik.

Q: Bagaimana cara mengatasi rasa gugup sebelum wawancara lewat WhatsApp?

A: Berlatihlah secara menyeluruh sebelum wawancara, dan ingatkan diri Anda bahwa pewawancara ingin melihat yang terbaik dari Anda.

Q: Berapa lama biasanya durasi wawancara lewat WhatsApp?

A: Durasi wawancara lewat WhatsApp dapat bervariasi, tetapi umumnya berlangsung antara 30 hingga 60 menit.

Kesimpulan

Panggilan interview kerja lewat WhatsApp adalah sebuah fenomena modern yang semakin umum digunakan oleh perusahaan. Persiapkan diri Anda dengan baik, jaga etika dan tata cara selama wawancara, dan Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Ingatlah untuk melakukan penelitian tentang perusahaan, pahami posisi yang Anda lamar, dan berikan contoh konkret saat menjawab pertanyaan. Jaga postur dan ekspresi tubuh, gunakan bahasa yang tepat dan baku, dan berbicara dengan jelas dan tegas.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam menghadapi wawancara lewat WhatsApp. Selamat mencoba, dan semoga sukses dalam mendapatkan pekerjaan impian Anda!

Check Also

Mitra Driver / Pengemudi

Job Description Mitra Driver / Pengemudi: Job information Mitra Driver / Pengemudi from the Company PT Prima Cahaya Indobeverage (PepsiCola-Indofood Group), this latest Mitra Driver / Pengemudi job vacancy is located in the city Kecamatan Tangerang located in the province Banten . This latest job opening is open to job seekers who have the latest