Lowongan Kerja Reporter TV, Begini Syarat dan Kualifikasinya

lokerIDN.com – Lowongan kerja Reporter TV identik dengan mereka yang punya setelan rapi, artikulasi suara bagus dan gesturnya luwes bila tersorot kamera. Rasanya hanya orang-orang tertentu saja yang cocok melamar kerja bidang jurnalistik yang satu ini.

Ada orang-orang yang memiliki takdir menjadi seorang jurnalis atau wartawan, namun yang posisinya sebagai Reporter TV tampaknya hanya hitungan jari. Lagipula di sebuah stasiun televisi, jobnya kan macam-macam. Pada satu program berita, hanya ada satu reporter untuk satu tajuk berita.

Lowongan kerja Reporter TV biasanya menjaring para fresh graduate yang lolos seleksi berkas dan wawancara. Mereka adalah orang-orang beruntung yang memang punya takdir bekerja pada suatu media massa.

Lowongan Kerja Reporter TV
Lowongan Kerja Reporter TV

Tidak selalu berasal dari jurusan broadcasting atau ilmu komunikasi, loker Reporter Televisi juga menjaring lulusan semua bidang yang relevan, khususnya ilmu humaniora.

Biasanya reporter bertugas sesuai dengan topik yang ia kuasai. Mulai dari sosial, politik, hukum, keamanan, entertainment dan lain sebagainya. Jadi masing-masing reporter hanya menyampaikan berita dari apa yang ia pahami materinya.

Tugas dan Tanggungjawab Seorang Reporter TV

Reporter adalah salah satu profesi dalam bidang jurnalistik yang memiliki tugas mencari, menyusun dan melaporkan berita.

Seorang Reporter Televisi bertugas melaporkan hasil wawancaranya dengan narasumber atau temuan-temuan informasi lapangan kepada seorang presenter utama pembawa berita atau yang disebut Anchor dalam program TV.

Seorang Reporter akan bekerjasama dengan beberapa rekan jurnalis lainnya seperti kameraman hingga penulis berita. Seringkali ia juga wajib bisa menulis sendiri laporannya.

Keterampilan dan Keahlian Seorang Reporter TV

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai keterampilan dan keahlian yang harus dimiliki seorang penyiar berita. Sehingga menjadikan lowongan kerja Reporter TV termasuk ke dalam pekerjaan yang tidak bisa dilakukan semua orang karena butuh skill dan pengetahuan yang bisa terbilang sulit.

Dengan skill seperti ini, maka ia pun siap terjun ke lapangan untuk mencari fenomena-fenomena kemanusiaan yang menarik untuk diliput.

1. Pandai Membaca Isu dan Situasi Lingkungan Terkini

Mendaftar lowongan kerja Reporter TV akan membuat Anda pandai dalam membaca isi dan situasi lingkungan terkini mulai sekarang. Artinya Anda tidak boleh jadi orang yang “kudet” atau “kurang update”.

Sebab pemahaman dan pengetahuan seorang Reporter Televisi harus mampu menjangkau persoalan-persoalan aktual dan faktual yang terjadi pada masyarakat saat ini. Ia harus mampu menyajikan berita yang segar dan baru.

Baca :  Driver / pengemudi

2. Mengerti Cara Mendapatkan Informasi Valid

Bagaimana cara memperoleh informasi yang valid dapat Anda pelajari juga dari sekarang. Mumpung lamaran belum Anda ajukan, coba sesekali belajar melakukan penelitian dan analisis sosial. Sehingga Anda terbiasa menggali informasi yang ada di lapangan.

Seorang jurnalis memang adalah mereka yang lebih banyak memperoleh informasi dari narasumber atau informan lapangan. Apa yang mereka tulis berdasarkan fakta sosial dan lingkungan budaya yang ada.

3. Bertemu dan Melobi Narasumber Terpercaya

Memang terkadang buku itu perlu untuk Anda baca. Namun saat Anda bertemu atau melobi seseorang yang akan menjadi narasumber atau informan bagi sebuah berita yang akan Anda tulis dan tayangkan. Tentu membaca buku akan menjadi sesuatu yang mustahil.

Untuk itulah, teknik cara mengolah data wawancara menjadi data tertulis penting sekali untuk Anda kuasai. Artinya Anda harus belajar teknik penyajian berita supaya apa yang Anda beritakan tidak melenceng dari kebenaran dan akal budi.

4. Mengumpulkan Bukti dan Informasi Akurat

Untuk memperoleh bukti dan informasi yang akurat ada tahapan-tahapan yang mesti Anda lalui. Salah satunya yaitu Anda harus bisa mencari sumber primer dari suatu informasi. Jadi acuannya harus merupakan induk atau basis data.

Misalnya bila ingin menyajikan berita tentang pelaksanaan pemilu 2024, maka yang tempat mencari bukti dan informasi akurat adalah Komisi Pemilihan Umum yang paling utama. Barulah Partai Politik menjadi rujukan sekunder.

5. Melakukan Dokumentasi yang Menyeluruh dan Eksklusif

Lowongan kerja Reporter TV akan menghasilkan Anda bisa membuat dokumentasi yang sifatnya menyeluruh dan eksklusif. Para jurnalis TV memproduksi dan menayangkan berita dengan dikejar oleh deadline.

Mereka berlomba-lomba menjadi channel atau stasiun TV pertama dan eksklusif yang mampu menyajikan berita paling cepat sekaligus akurat.

6. Berbicara dengan Intonasi dan Artikulasi yang Baik

Mendaftar lowongan kerja Reporter TV hanya untuk mereka yang memiliki teknik vokal yang bagus. Intonasi dan artikulasi suara yang baik sangat Anda perlukan sehingga bisa bicara dengan lancar saat siaran dengan kamera secara live.

Anda mungkin pernah melihat terkadang ada Reporter TV yang kerap gugup sehingga apa yang ia sampaikan jadi salah. Ucapan yang terbata-bata dan salah-salah tentu membuat pendengar jadi risih menonton beritanya.

Baca :  IT Support

7. Menguasai Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Skill yang wajib para jurnalis miliki adalah kemampuan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sopan santun dalam bicara harus Anda berikan supaya Anda bisa menguasai dengan baik pekerjaan yang membutuhkan keahlian berbahasa ini.

Seorang Reporter TV harus paham cara mengucapkan bahasa Indonesia yang baku dan benar. Tidak boleh ada ucapan kasar atau yang akan membuat kontroversi di media dan masyarakat. Wartawan harus benar-benar memiliki attitude berbahasa.

8. Fasih Berbicara dalam Bahasa Asing Maupun Daerah

Ketika Anda melamar lowongan kerja Reporter TV luar negeri. Misalnya untuk kantor berita yang sifatnya internasional, maka Anda harus bisa bahasa asing. Terutama penguasaan dalam bahasa Inggris harus bagus supaya kalau bicara jadi lancar.

Anda tentu terkadang melihat ada Reporter TV Indonesia yang pandai bahasa asing sehingga ia malah ditugaskan hingga ke luar negeri untuk meliput? Tentu ini menjadi kesempatan dan pengalaman berharga baginya karena bisa bekerja sekaligus jalan-jalan ke luar negeri.

9. Menghindari Bentrokan dengan Institusi atau Oknum Narasumber

Janganlah terlibat pertikaian atau bentrokan dengan institusi dan oknum narasumber. Sebab Anda akan kerepotan sendiri bila harus memperoleh teguran dari atasan atau berurusan dengan polisi.

Ada aturan tentang bagaimana prosedur menanya-nanyai informasi kepada institusi atau oknum narasumber. Sehingga seorang jurnalis tak boleh bekerja tanpa sebuah surat perintah atau surat ijin.

10. Mematuhi Kode Etik Jurnalistik, UU ITE dan Hukum Positif

Dan pada akhirnya ada satu istilah yang akan mewakili bagaimana seharusnya attitude seorang wartawan terbentuk, yakni kode etik jurnalistik. Saat seorang Reporter TV memahami kode etik sebagai wartawan, niscaya ia takkan melanggar UU ITE dan hukum positif.

Pelanggaran kode etik saat sudah berhasil lolos seleksi Lowongan Kerja Reporter TV ini hanya akan membuat karir berhenti sampai sini. Tentu tak ada yang mau ini terjadi.

Sejauh ini apakah Anda tertarik melamar Lowongan Kerja Reporter TV? Jika ya, maka sebaiknya segera menyiapkan berkas-berkas yang penting dan perlu. Terutama CV dan ijasah. Kunjungi pula kantor berita yang ingin Anda masuki untuk mendaftar sebagai Reporter Televisi ini.

Check Also

Lowongan Driver

Job Description Lowongan Driver: Job information Lowongan Driver from the Company PT Prima Cahaya Indobeverage (PepsiCola-Indofood Group), this latest Lowongan Driver job vacancy is located in the city Jakarta Utara located in the province DKI Jakarta . This latest job opening is open to job seekers who have the latest education / graduate . Job