Lowongan Kerja Marketing Properti, Simak Keuntungannya

lokerIDN.com – Seorang marketing yang memiliki tugas mempromosikan properti yang sedang dijual. Ia menjadi penghubung antara developer/pemilik, calon pembeli dan bank.

Marketing properti berbeda dari sekadar memasarkan properti melalui brosur sebagaimana pada zaman dulu. Sebab secara profesional, job seorang marketer harus bisa menampilkan ciri-ciri marketing modern yang bagus. Terutama dalam hal presentasi dan komunikasi produk yang harus bisa melek teknologi.

Pengertian Properti dan Tugas Utama Marketing Properti

lowongan kerja marketing properti
lowongan kerja marketing properti

Sebelum membahas lebih jauh tentang lamaran kerja marketing properti, mari sepakati dulu tentang pengertian apa itu properti. Secara leksikal makna properti yaitu rumah, tanah, bangunan atau bentuk kekayaan benda apapun yang tercakup di dalamnya.

Selain bersifat kebendaan, properti juga bisa mewujud dalam sebuah ide, gagasan, merek dagang yang tercakup ke dalam hak kekayaan intelektual (HAKI).

Jadi selama mengikuti prosedur dan syarat hukum, pemindahan kepemilikan properti itu bisa dilakukan secara sah dari pemilik lama ke pemilik baru. Untuk jenis-jenis properti kebendaan yang umum diperjualbelikan oleh masyarakat, antara lain: rumah, tanah, apartemen, gedung, ruko, sawah dan kebun.

Tidak semua aset properti sifatnya material. Namun ada yang sifatnya non materi. Aset properti non kebendaan dan masuk dalam golongan HAKI, antara lain:

  • Waralaba
  • Merek dagang produk
  • Komposisi musik
  • Naskah cerita
  • Buku
  • Perangkat Lunak
  • Hasil penelitian ilmiah

Segala sesuatu yang menyangkut dengan property rights atau hak kepemilikan pribadi ini harus memperoleh pendampingan hukum oleh notaris bila ingin dipindahtangankan. Kementerian dan departemen terkait negara setempat juga menjadi otoritas yang mengesahkan.

Ketika Anda bekerja sebagai seorang marketing properti, mau tidak mau harus mempelajari tentang hukum kepemilikan properti di Indonesia. Pengetahuan tentang status surat-surat kepemilikan properti harus Anda pahami baik-baik.

Meskipun tugas utama marketer yang menawarkan produk properti, namun ia juga harus siap menjawab bila customer bertanya-tanya tentang legalitas properti yang dijual ini.

Keuntungan Bekerja dalam Bidang Marketing Properti

Apa keuntungan yang akan Anda peroleh saat bekerja dalam bidang ini? Masing-masing calon pelamar kerja memiliki harapan. Namun terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan.

Baca :  Accounting JKTR

Setidaknya pahami dulu bahwa bekerja dalam bidang pemasaran properti seperti ini akan membuat Anda mencapai hal-hal yang menarik, seperti:

1. Memahami Seluk-Beluk dan Perijinan Pembangunan Properti

Seorang marketing properti harus paham betul dunia properti terkait dengan perijinannya. Setidaknya ia harus bisa membedakan apa bangunan dengan SHM maupun dengan SPPT. Sehingga saat customer menanyakan perihal surat bisa menjelaskan.

2. Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Lowongan pekerjaan marketing properti akan mengharuskan Anda memiliki keterampilan dalam komunikasi. Retorika penjualan harus Anda kuasai supaya bisa memikat hati klien.

3. Memperoleh Pekerjaan yang Mapan

Pekerjaan sebagai marketing akan membuat Anda memiliki profesi yang relatif mapan. Sebab seorang sales marketing menjadi ujung tombak dari bisnis properti untuk membidik pasar dengan keahlian menjual produknya.

4. Mendapatkan Bonus dan Insentif Penjualan

Untuk memperoleh bonus dan insentif penjualan, Anda harus dengan giat merekrut calon pembeli properti. Perusahaan tak segan-segan memberikan reward bagi karyawannya yang mampu menunjukkan kerja keras yang membuahkan hasil.

5. Menambah Referensi dalam Bidang Bisnis Properti

Seorang marketing harus paham tentang bagaimana properti yang ia jual. Jadi jangan hanya terpaku pada materi yang perusahaan berikan. Namun harus berani berimprovisasi dalam menyediakan konten penjualan.

6. Memahami Cara Digital Marketing

Inilah saat yang tepat buat memperkenalkan skill Anda dalam bidang digital dan internet marketing. Menjual produk properti dengan promosi lewat media sosial sudah banyak prakteknya.

7. Mencapai Kedisiplinan dalam Bekerja

Seseorang yang bekerjanya terikat dalam arti bukan pekerjaan freelance biasanya mampu mencapai kedisiplinan dalam bekerja. Sebab tuntutan karir membuatnya lebih menghargai waktu dan tepat waktu.

8. Bertemu dengan Orang-Orang Hebat

Profesi dalam bidang properti ini akan membuat Anda bertemu orang-orang hebat dengan passion yang sama dengan Anda. Hal ini akan membuat diri jadi lebih termotivasi untuk maju dan berkembang lebih baik dari hari ini.

Syarat Melamar Lowongan Kerja Marketing Properti

Apa saja syarat melamar kerja dalam bidang pemasaran properti? Masing-masing perusahaan developer punya syarat sendiri-sendiri tentang kriteria calon marketernya. Namun mereka jelas membutuhkan sosok yang loyal, semangat, jujur, mudah belajar, adaptif dan pintar retorika.

Sebelum memasukkan berkas lowongan kerja marketing properti, pastikan dokumennya sudah lengkap. Kiranya apa saja syarat-syarat umum mendaftar lowongan kerja marketing properti?

  • Minimal Lulusan D3/S-1
  • Pria/Wanita
  • Berumur maksimal 35 tahun
  • Memiliki pengalaman di bidang yang sama minimal 2 tahun
  • Mempunyai SIM C
  • Bersedia ditempatkan di luar kota
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer

Dari tujuh syarat ini, apakah Anda sudah memiliki semua? Jika Anda sudah mengantongi seluruh syarat, kini tinggal menunggu saja untuk berhasil tidaknya masuk ke dalam tahap wawancara kerja.

Baca :  Asst To Driver / Kenek

Hal-Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Wawancara Kerja Marketing Properti

Apa saja yang seharusnya Anda lakukan sebelum hari interview? Ada langkah-langkah kecil yang bisa membantu Anda agar lebih tenang dan yakin menghadapi sesi interview, yaitu:

1. Siapkan Pakaian yang Rapi dan Tepat

Datanglah dengan memakai pakaian yang rapi saat hendak datang wawancara. Lowongan kerja marketing properti ini akan membuat Anda harus tampil yakin dan percaya diri.

Jadi gunakan pakaian terbaik yang Anda miliki, ini tidak harus terlalu kaku seperti warna putih dan hitam. Kecuali bila ada persyaratan harus pakai kemeja putih dan bawahan hitam.

2. Datang Tepat Waktu ke Lokasi

Jangan membuat personalia menunggu Anda. Lebih baik datang sejam sebelum acara berlangsung. Daripada Anda tergesa-gesa dan kemudian jadi sulit wawancara karena gugup.

Dari sekian banyak berkas seleksi, hanya beberapa yang lolos wawancara. Anda masih memiliki saingan dan bisa jadi tereliminasi gara-gara telat.

3. Mencari Informasi tentang Perusahaan Developer Properti dan Proyeknya

Carilah informasi tentang perusahaan properti tersebut dan proyeknya. Mereka membuka lowongan kerja marketing properti pasti karena ada proyek yang siap untuk diperkenalkan pada masyarakat.

Survei dan pantau sendiri unit properti yang hendak mereka jual. Sehingga Anda memiliki gambaran harus seperti apa dalam bekerja.

4. Menceritakan Tentang Diri dengan Percaya Diri

Ketika personalia menanyakan tentang diri Anda, jawablah dengan penuh rasa percaya diri. Mereka biasanya bertanya sambil memegang CV yang Anda masukkan. Sebaiknya Anda tidak melenceng dari apa yang tertulis dari CV.

Ceritakan salah satu atau beberapa pengalaman Anda dalam menjual sebuah properti sebelumnya. Apakah Anda pernah berhasil menjual atau selama ini masih tahap belajar.

5. Tunjukkan Sikap Ramah dan Murah Senyum

Anda bekerja dalam bidang pelayanan informasi. Ketika customer bertanya, Anda harus menjawab dengan sikap ramah dan senyum. Meski pertanyaan dari customer sama, yaitu tentang harga properti misalnya, Anda harus menjawab tanpa rasa bosan.

Maka penting bagi seorang marketing properti memiliki file siap kirim yang sifatnya umum tentang properti yang hendak dijual ini. File tentang syarat-syarat KPR dan pricelist rumah misalnya. Jadi tiap ada pertanyaan sama, sudah siap sedia dengan jawaban yang sama.

Wawancara kerja dalam bidang apapun akan mengharapkan Anda memiliki attitude. Untuk itulah, Anda harus lebih menampilkan sosok seorang marketing yang perusahaan harapkan.

Anda akan menjadi wakil dari perusahaan untuk menyapa dan memperkenalkan produk properti. Untuk itulah, wawasan Anda pun harus luas.

Check Also

Mitra Driver / Pengemudi

Job Description Mitra Driver / Pengemudi: Job information Mitra Driver / Pengemudi from the Company PT Prima Cahaya Indobeverage (PepsiCola-Indofood Group), this latest Mitra Driver / Pengemudi job vacancy is located in the city Kecamatan Tangerang located in the province Banten . This latest job opening is open to job seekers who have the latest