Lowongan Kerja Kebun Kelapa Sawit, Lihat Fakta Uniknya

lokerIDN – Indonesia menjadi negara dengan perkebunan kelapa sawit yang luas. Kebutuhan tenaga kerja dalam sektor ini cukup banyak tiap tahunnya. Lahan sawit tersebar di banyak pulau, khususnya Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Maka tak heran bila lowongan kerja kebun kelapa sawit pun banyak tiap saat.

Penyerapan tenaga kerja yang besar pada sektor ini membuat para pencari kerja rela merantau ke wilayah pelosok demi mencari nafkah untuk keluarganya. Tak dapat dipungkiri, mayoritas lahan sawit memang berada di daerah pedalaman yang jauh dari pemukiman penduduk.

Lowongan kerja kebun kelapa sawit sangat cocok untuk para pemuda yang masih memiliki semangat juang. Jangan bayangkan hanya ada orang tua saja bekerja, pemudanya pun banyak. Mereka lebih senang bekerja daripada menganggur, untuk itu seberat apapun akan tetap dijalani kehidupan sawit.

Posisi dan Pekerjaan dalam Perkebunan Kelapa Sawit

Lowongan kerja kebun kelapa sawit ini tentu ada beragam. Mulai dari posisi staff, admin hingga karyawan lapangan. Sektor ini menerima seluruh orang yang mau bekerja, asalkan memenuhi syarat-syarat tertentu, khususnya umur, kondisi kesehatan dan keterampilan kerja.

Kecuali untuk jabatan staff biasanya diisi oleh para lulusan S1, S2 bahkan S3. Mereka adalah para manajer, KTU, asisten divisi dan lain sebagainya. Sebaliknya untuk karyawan lapangan dan teknis biasanya tidak terlalu mensyaratkan pendidikan. Seperti untuk pekerjaan sebagai pemanen dan pemupuk.

Sedangkan beberapa posisi sepertinya memiliki persyaratan tertentu seperti sertifikat profesi, misalnya untuk pekerjaan sebagai satpam, operator alat berat, mekanik dan guru.

Khusus untuk pekerjaan sebagai guru tentunya minimal harus lulus S-1 pendidikan dan harus lolos seleksi lamaran guru yayasan yang mengurusi sekolah kebun, seperti misalnya Yayasan Eka Tjipta Foundation yang mengurus sekolah-sekolah di seluruh perkebunan sawit Sinarmas se-Indonesia.

Hal-Hal Umum Terkait Lowongan Kerja Kebun Kelapa Sawit

Ada hal-hal umum yang biasa terjadi saat Anda bekerja di suatu estate. Berikut adalah poin-poin penting yang harus dipahami sebelum melamar lowongan kerja kebun sawit.

Baca :  Driver Operasional TGR

1. Uniform atau Seragam Kerja

Mereka yang sama sekali tidak pernah tahu seperti apa kerja sawit pasti bingung tentang seragamnya. Apa kerja sawit ada seragamnya?

Jawabannya adalah tidak ada. Jadi baik yang kerja di lapangan maupun kantor, semuanya pakai baju bebas sopan.

2. Jam dan Durasi Waktu Kerja

Karyawan lapangan kebun sawit, misalnya seorang pemanen dan pemupuk kerjanya selama 8 jam. Namun mereka harus sudah datang ke kantor divisi masing-masing sejak jam 6 pagi.

Sudah mirip anak mau berangkat sekolah saja, sebab mereka wajib absensi menggunakan fingerprint. Jika telat maka ada pemotongan gaji.

3. Absensi

Memang sistem absensi perkebunan kelapa sawit sudah canggih. Kebanyakan sudah menggunakan mesin fingerprint. Sehingga tidak ada bentuk-bentuk kecurangan seperti titip absen.

Apabila seorang karyawan kedapatan sering bolos, ia bisa diberhentikan. Biasanya kalau sudah 10 hari lebih berturut-turut tidak masuk kerja tanpa keterangan (alpa).

4. Hari Libur dan Cuti

Pekerja sawit cutinya pada hari-hari raya besar. Kalau tanggal merah perayaan hari nasional biasa tidak libur. Saat Idul Fitri dan Idul Adha pasti libur.

Untuk cuti umumnya dalam setahun pekerja sawit berhak mengajukan selama maksimal 14 hari. Khusus untuk Staff, jika ia cuti pulang kampung maka perusahaan akan memberikan tiket pesawat atau transportasi lain.

5. Gaji

Jangan membayangkan gajinya sangat besar, namun sudah lebih dari cukup untuk sekadar bertahan hidup sehari-hari. Seluruh pekerja sawit memperoleh gaji UMR, yang membedakan hanyalah jenis pekerjaan dan tunjangan jabatannya saja.

6. Fasilitas Tempat Tinggal

Seluruh pekerja sawit berhak tinggal di mess karyawan yang sudah perusahaan sediakan. Aturannya jika ia membawa keluarga maka berhak untuk tinggal dalam satu rumah bersama keluarganya. Jika ia masih single, maka akan tinggal satu mess dengan sesama karyawan single.

Itu untuk yang non staff, beda buat yang status jabatannya staff. Rumah mereka biasanya lebih bagus dan luas, baik single maupun sudah berkeluarga berhak menempati satu rumah sendirian.

7. Fasilitas Kendaraan

Ada fasilitas kendaraan untuk para staff. Kendaraannya bermacam-macam mulai dari motor besar hingga mobil. Kalau untuk motor biasanya hak milik menjadi sepenuhnya milik karyawan tersebut setelah 5 tahun-an mengabdi bekerja.

Namun kalau untuk mobil sepertinya hanya dipinjamkan saja kepada para bos. Tidak menjadi kepemilikan pribadi di masa depan.

8. Jaminan Kesehatan

Salah satu keunggulan dari lowongan kerja kebun kelapa sawit yaitu para pekerjanya sudah memperoleh fasilitas BPJS kesehatan. Jadi kalau misalnya ia sakit bisa memanfaatkan kartu BPJS kelas 2 maupun 3.

Baca :  Panggilan Interview Kerja Lewat WhatsApp

Namun sayangnya karena saking jauhnya lokasi kebun dari fasilitas kesehatan tingkat 1 maupun lanjutan, akhirnya kartu BPJS bagai formalitas belaka. Sama sekali tidak bisa mengakses pengobatannya. Jika sakit hanya mengandalkan klinik kebun.

9. Jaminan Ketenagakerjaan

Selain BPJS Kesehatan, ada pula BPJS Ketenagakerjaan. Penting bagi seorang pekerja sawit memiliki BPJS Ketenagakerjaan karena ini akan menjadi jaminan masa depan saat sudah pensiun kerja.

Bila suatu hari ia keluar dari kebun sawit, maka saldo dari BPJS Ketenagakerjaan akan tetap aman. Saldonya bisa pula dicairkan sewaktu-waktu dengan persyaratan tertentu, terutama kematian.

10. Aspek Sosial

Bekerja di kebun sawit akan membuat Anda bergaul dengan banyak orang perantauan. Mereka berasal dari beragam etnis dan suku di Indonesia.

Ini akan membuat Anda semakin luas pergaulannya karena interaksi selama kerja dengan mereka.

11. Kondisi Alam dan Lingkungan

Sungguh berat hidup di perkebunan kelapa sawit sebab air bersih tidak ada kecuali air hujan. Selain itu jaringan telekomunikasi juga tidak ada sama sekali. Anda tidak bisa Internetan maupun menelpon kecuali di tempat khusus, seperti bukit.

12. Sisi Psikologis

Jika Anda terbiasa hidup di kota, kemungkinan lowongan kerja kebun kelapa sawit ini amat berat. Anda mungkin akan merasa sangat sepi dan sunyi saat malam hari karena lingkungan sangat lengang.

13. Dukungan Teknologi

Tidak ada teknologi komunikasi dan informasi sebagaimana lingkungan kota dan desa secara normal.

Hidup di pedalaman sawit akan membuat Anda terbiasa memakai HT atau handy talkie untuk saling mengobrol jarak jauh dengan sesama pekerja sawit.

14. Tingkat Keamanan

Bekerja di kebun kelapa sawit relatif aman. Namun bentrok sangat mungkin terjadi karena watak orang bermacam-macam.

Terkadang perkelahian sesama pekerja tak terhindarkan hingga berujung polisi datang mengamankan.

15. Keberlanjutan Profesi

Dari umur mulai dari 18 tahun hingga 55 tahun masih bisa bekerja di perkebunan kelapa sawit. Sektor kebun sawit memang bisa dibilang sangat produktif dan jangka panjang.

Tidak seperti kerja tambang yang sering sekali pegawainya “dirumahkan” bila sudah over produksi.

Alangkah baiknya sebelum memulai daftar lowongan kerja kebun kelapa sawit Anda mempersiapkan diri lebih dulu. Terutama mental yang harus benar-benar kuat, sebab pekerjaan ini berbeda.

Lain dari yang lain, kebun sawit selalu sangat menantang, jika mental tidak kuat tidak akan bisa bertahan.

Check Also

Lowongan Driver

Job Description Lowongan Driver: Job information Lowongan Driver from the Company PT Prima Cahaya Indobeverage (PepsiCola-Indofood Group), this latest Lowongan Driver job vacancy is located in the city Jakarta Utara located in the province DKI Jakarta . This latest job opening is open to job seekers who have the latest education / graduate . Job