Lowongan Kerja Flight Attendant, Cek Peluang Karirnya

lokerIDN.com – Lowongan kerja Flight Attendant masih memiliki nilai prestisius tersendiri bagi sebagian besar orang. Profesi Awak Kabin pesawat ini memang tidak semua orang sanggup mendaftarnya. Hanya orang-orang terpilih saja yang bisa lolos seleksinya.

Flight Attendant bukan istilah yang baru, artinya merujuk kepada crew pesawat, yaitu pramugari dan pramugara. Pekerjaan sebagai awak kabin ini membuat mereka harus mengemban tugas-tugas yang padat terkait pelayanan terhadap penumpang pesawat.

Tugas dan Tanggungjawab Seorang Flight Attendant

Apa saja tugas-tugas seorang cabin crew di dalam pesawat? Bagi yang pernah melihat kiprah profesi mereka pasti paham bahwa seorang pramugari (perempuan) maupun pramugara (laki-laki) bertugas memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang selama penerbangan berlangsung.

Lowongan Kerja Flight Attendant

Berikut adalah tugas dan tanggungjawab yang diemban oleh seorang pramugari maupun pramugara. Di balik sifat ramah dan lembutnya mereka, ada dedikasi yang besar untuk menunjukkan performa kerja.

1. Menyambut Penumpang Saat Masuk Pesawat

Tugas pertama seorang pramugari atau Pramugara adalah menyambut kedatangan penumpang yang baru saja masuk ke pintu pesawat melalui garbarata. Mereka akan mengucapkan salam, tersenyum dan memberikan gestur penyambutan yang baik.

2. Mengarahkan Penumpang yang Kesulitan Mencari Kursinya

Seorang Flight Attendant memastikan seluruh penumpang duduk di kursinya masing-masing. Jadi jika ada penumpang bingung mau duduk sebelah mana pasti mereka membantu mencarikan kursi yang sesuai dengan boarding pass yang penumpang miliki.

3. Mempresentasikan Panduan Keselamatan Penerbangan

Sebelum melamar lowongan kerja Flight Attendant ini, pastikan Anda tahu apa itu panduan keselamatan penerbangan. Belajarlah dulu tentang ini sebelum memasuki proses interview dengan pihak maskapai impian.

4. Memperagakan Cara Memasang Sabuk Pengaman

Bagaimana cara memasang sabun pengaman yang benar? Pramugari atau Pramugara akan memperagakan ini. Para penumpang bisa memperhatikan saksama instruksi ini. Posisi sabuk pengaman terkait kencang tidaknya juga mereka memberikan petunjuk.

5. Memberi Tahu Cara Memakai Pelampung

Pendaratan darurat yang paling aman jika terjadi di laut. Dengan catatan dalam kondisi mendarat yang baik, bukan kondisi darurat lain seperti kerusakan mesin pesawat yang parah dan fatal hingga menyebabkan ledakan. Itulah sebabnya para penumpang akan diajari cara memakai pelampung dan keluar dari pintu darurat.

Baca :  Supply Chain Staff (Driver) Jayapura

6. Menunjukkan Letak Selang Oksigen

Apabila tiba-tiba kondisi pesawat terasa panas, pengap atau terjadi perubahan tekanan udara yang ekstrim di dalam kabin pesawat. Inilah saat untuk memakai oksigen yang terletak pada bagian atas kepala.

7. Menghimbau Langkah-Langkah Jika Terjadi Emergency Seperti Pendaratan Darurat

Bila terjadi pendaratan darurat, maka penumpang yang berada paling dekat pintu pesawat harus sigap membantu membuka pintu pesawat. Saat dalam kondisi emergency, Flight Attendant menghimbau para penumpang untuk tetap tenang dan jangan panik.

8. Mengatur Posisi Duduk di Dekat Pintu Darurat Pesawat

Seringkali seorang Flight Attendant akan menukar tempat duduk penumpang yang berada pada dekat pintu darurat pesawat. Pada bagian sini tidak boleh orang tua atau penumpang berumur lansia. Harus orang yang lebih muda duduk di sana. Apakah ini sudah sesuai syarat dan prosedur penerbangan? Mengubah tempat duduk ibarat mengubah manifest, tentu atas seijin pilot dan otoritas terlebih dahulu.

9. Mengantar Pesanan Makanan dan Minuman

Selain membeli tiket pesawat secara online, para penumpang juga bisa memesan makanan dan minuman. Flight Attendant akan mendistribusikan pesanan ini segera setelah pesawat dalam posisi terbang yang nyaman.

10. Menawarkan Produk Makanan dan Minuman

Bagi para penumpang yang belum pesan makanan dan minuman online saat reservasi tiket. Mereka akan berkeliling membawa troli berisi dagangan makanan, mulai dari air minum, nasi kotak, pop mie hingga snack kemasan.

11. Memastikan Penumpang Tertib dan Tidak Ada Keributan

Seluruh penumpang harus duduk pada tempatnya. Tidak memicu kegaduhan atau keributan. Jika terjadi keributan, maka Flight Attendant atas ijin otoritas berhak untuk menurunkan penumpang di bandara terdekat untuk alasan keamanan.

12. Memberikan Arahan Tentang Tata Cara Turun dari Pesawat Saat Sudah Sampai Bandara Tujuan

Saat pesawat sudah landing di bandara tujuan. Maka Flight Attendant mengarahkan agar penumpang pada barisan depan dulu yang harus keluar. Baru mengikuti yang belakangnya. Mereka mengingatkan pula tentang bagasi kabin jangan sampai tertinggal.

13. Menjaga Kebersihan Kabin Penumpang dengan Patroli Sampah

Lowongan kerja Flight Attendant akan membuat Anda menjadi cleaning service pula saat bekerja. Meski tak berat, tugasnya hanya patroli sampah. Berkeliling membawa kantong plastik, menawarkan penumpang yang ingin titip buang sampah.

14. Mematuhi Jadwal Penerbangan Selama Masa Kerjanya

Seorang pramugari dan pramugara sudah memiliki jadwal kerja yang biasanya untuk beberapa minggu atau bulan ke depan. Patuhi jadwalnya agar pekerjaan lancar tak terkendala.

15. Bersama dengan Pilot dan Teknisi Pesawat Menjadi Awak Kabin yang Melayani Sepenuh Hati

Pramugari, Pramugara, Pilot, Co-Pilot dan teknisi pesawat menjadi lima serangkai yang memiliki julukan cabin crew. Mereka harus sepenuh hati dalam melayani para penumpang melalui loyalitas dan dedikasi atas tugas-tugasnya selama penerbangan berlangsung.

Melihat daftar tugas dan tanggungjawab ini tentu membuat para pelamar lowongan kerja Flight Attendant harus berbenah dari sekarang untuk mempersiapkan diri.

Prosedur dan Syarat Menjadi Seorang Pramugari dan Pramugara

Untuk menjadi seorang pramugari dan pramugara tentu harus mengantongi modalnya lebih dulu. Seorang Flight Attendant harus melalui serangkaian proses sebelum mengudara untuk pertama kalinya bersama maskapai impian.

Baca :  Finance Accounting Fresh Graduate Jakbar

Berikut adalah prosedur dan syarat yang harus dilalui mereka saat proses seleksi lowongan kerja Flight Attendant domestik maupun luar negeri.

1. Lulus Pendidikan Flight Attendant

Seorang Flight Attendant potensial adalah mereka yang berasal dari lulusan sekolah pramugari resmi bersertifikat. Meski kini maskapai lebih fleksibel dalam menerima pramugari dan pramugara baru. Seperti yang berasal dari perguruan tinggi biasa atau hanya lulusan SMA/SMK sederajat.

2. Mendaftar Lowongan Airline

Lowongan Flight Attendant biasanya dibuka tiap tahun. Tergantung dari jumlah kebutuhan crew baru. Pastikan mendaftar sendiri tanpa melalui calo atau jasa-jasa aneh yang mengatakan pasti bakal diterima kerja.

3. Berpenampilan Good Looking

Profesi sebagai Flight Attendant mengharuskan Anda memiliki penampilan yang good looking. Fisik yang rupawan dan bersih menjadi nilai plus, meskipun usia sudah tidak muda lagi.

4. Attitude Bagus dan Sopan

Lowongan kerja Flight Attendant akan mengajari Anda bagaimana memiliki attitude yang bagus dan pembawaan sopan. Ini menjadi modal utama masuk ke dalam dunia pramugari.

5. Tinggi Badan Sesuai Kriteria

Untuk bisa menjadi seorang pramugari, tinggi badan minimal yaitu 158 cm. Namun ada pula maskapai yang menerapkan tinggi 160 cm. Sedangkan untuk pramugara berkisar mulai dari 167 cm.

6. Berat Badan Proporsional

Flight Attendant harus mempunyai tubuh proporsional. Ukuran idealnya harus sesuai dengan perhitungan standar BMI atau Body Mass Index.

7. Mahir Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

Akan menjadi nilai tambah bila Anda lancar berbahasa Inggris maupun bahasa-bahasa asing lainnya, seperti Perancis, Jerman, Jepang, Korea, China, Arab maupun lainnya.

8. Tidak Memiliki Gangguan Penglihatan Seperti Mata Minus

Pastikan sebelum melamar lowongan kerja Flight Attendant, Anda sudah memeriksa dulu kesehatan mata. Pastikan mata normal karena saat bekerja sebagai pramugari maupun pramugara dilarang memakai kacamata. Jika ingin memakai softlens masih diperbolehkan asalkan softlens bening dan minusnya tidak parah.

9. Tidak Bertindik dan Bertato

Anda akan memakai uniform atau seragam kerja yang bagus. Tentu maskapai tidak mau crewnya tampak bertindik dan bertato untuk menunjukkan citra kebaikan.

10. Bersedia Mematuhi Jadwal Terbang

Patuhi jadwal yang ada, jangan mangkir dari pekerjaan supaya tidak mendapat teguran. Anda mungkin akan lelah saat harus berpindah dari satu kota ke kota lain. Namun ini adalah cita-cita Anda, jadi ingatlah perjuangannya.

11. Boleh Menikah dan Punya Anak

Sudah bukan zamannya pramugari atau pramugara tidak boleh menikah. Itu cerita zaman dulu karena sekarang mereka boleh kok menikah dan punya anak. Perusahaan akan memberikan hak cuti kepada mereka yang sedang hamil dan hendak melahirkan.

12. Boleh Memakai Hijab

Jika maskapainya memang memperbolehkan pakai hijab, berarti calon pelamar lowongan kerja Flight Attendant ini tak perlu lagi harus melepas hijabnya.

Sepintas syarat lowongan kerja Flight Attendant ini mudah. Terutama untuk mereka yang memiliki latarbelakang pendidikan Pramugari. Namun pada prakteknya, setelah diterima kerja ada banyak hal yang mesti direlakan, seperti berpisah untuk sejenak dari keluarga.

Check Also

Lowongan Driver

Job Description Lowongan Driver: Job information Lowongan Driver from the Company PT Prima Cahaya Indobeverage (PepsiCola-Indofood Group), this latest Lowongan Driver job vacancy is located in the city Jakarta Utara located in the province DKI Jakarta . This latest job opening is open to job seekers who have the latest education / graduate . Job