Lowongan Kerja Desain Grafis, Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

lokerIDN.com – Di tengah intervensi kecanggihan teknologi AI, apakah kreativitas seorang desainer bisa bertahan? Atau mau tidak mau para desainer harus belajar pula cara menggunakan AI untuk menguatkan desain mereka agar lebih baik?

Masing-masing desainer memiliki jawaban tersendiri. Namun bila seseorang ingin mendapatkan pekerjaan dan lolos seleksi lowongan kerja desain grafis untuk pertama kalinya, ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Profesi Desainer Grafis dalam Pusaran Tren Artificial Intelligence

Lowongan Kerja Desain Grafis
Lowongan Kerja Desain Grafis

Salah satu jenis pekerjaan freelance yang tak pernah sepi peminat yaitu desainer. Maka tak heran bila lowongan kerja desain grafis kerap menjadi kompetisi sengit memenangkan klien.

Orderan desain grafis memang pasang-surut di era digital ini. Apalagi eksistensi mereka mulai tergantikan oleh keberadaan AI. Alhasil para desainer hanya mengandalkan keberhasilannya dalam memenangkan hati seorang calon customer.

Tentu saja AI bukanlah Adobe Illustrator yang merupakan software desain yang wajib dikuasai para desainer. Melainkan AI di sini adalah Artificial Intelligence.

Keberadaan kecerdasan buatan dalam dunia desain telah banyak mengubah kehidupan para desainer. Mulai dari jasa desainnya yang mulai sepi pelanggan. Hingga harga karya desainnya yang semakin tak ada harganya karena dihargai murah.

Sebetulnya persoalan kehadiran AI dalam bidang kreativitas dan seni tak akan menjadi suatu halangan bila para kreatif tetap mempertahankan profesionalisme mereka sebagai pekerja yang berjuang menghasilkan karya original tanpa bantuan tools AI.

Namun yang menarik dalam dunia desain sendiri, kini fitur AI sudah merasuk pula dalam software desain grafis yang biasa dipakai para desainer. Sebagai contoh kemunculan Adobe Firefly yang memungkinkan semua orang membuat gambar dengan hanya memasukkan perintah teks atau prompt.

Meskipun Adobe Firefly mudah dalam pengoperasiannya, namun developer pun mengakui bahwa software ini menyasar segmen pasar profesional. Seluruh proses generate legal dan aman. Sebab Adobe telah membeli lisensi gambar-gambar yang bisa digunakan sebagai aset.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Desainer Masa Kini

Seorang desainer masa kini harus memiliki keterampilan yang sifatnya multilatenta. Tidak hanya harus pandai menggambar dan mencetak gambarnya, desainer juga harus pintar dalam bidang internet marketing. Sebab, mayoritas orderan berasal dari internet.

Baca :  Driver Sim B

Skill seorang desainer kekinian tidak boleh gaptek. Ia mesti belajar meningkatkan performa kerjanya dengan menguasai software desain yang canggih, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Corel Draw dan masih banyak lagi. Ia pun mesti biasa menguasai aplikasi ponsel untuk desain, seperti Canva, Ibis Paint dan Medibang.

Memang tak semua desainer pandai menggambar ilustrasi karena pekerjaan ini berbeda dengan profesi ilustrator. Ini menyebabkan mereka seringkali harus memakai aset gambar dari Freepik. Namun dengan meningkatkan keahlian membuat gambar sendiri, pasti ini akan memudahkan dalam menemukan klien ke depannya.

Apalagi seorang desainer itu profesi yang sesungguhnya sangat luas maknanya. Bukan sekadar orang yang bekerja untuk membuat undangan dan mencetak kaos. Desainer masa kini kebutuhannya pun mencakup ke dalam bidang web developer, RPG, MMORPG untuk membantu mendesain tampilan website dan game.

Prospek Masa Depan dan Gaji Seorang Desainer

Masa depan seseorang tentu tidaklah dapat diprediksi. Namun khusus dalam bidang pekerjaan, bisa melihat pangsa pasar saat ini. Selama kebutuhan akan jasa desainer grafis terus ada, maka masa depan profesional dalam bidang ini masih memiliki harapan.

Gaji desainer itu relatif tergantung di mana ia bekerja. Memang ada perdebatan di kalangan desainer sendiri tentang besaran gaji yang layak mereka peroleh saat bekerja ikut orang lain. Namun mereka sepakat bahwa desainer tidak boleh menghargai murah karyanya.

Seorang desainer grafis yang bekerja pada suatu percetakan misalnya. Ia seringkali mengeluhkan bosnya menggaji sangat sedikit. Padahal pekerjaannya dalam sehari dan sebulan telah membuat sang bos memperoleh omset besar.

Jika ada desainer mengeluhkan semacam ini kemungkinan ia masih belum bisa lepas dari bekerja secara offline di percetakan. Ia hanya harus berani keluar dari zona nyaman dengan cara membangun bisnis sendiri maupun melakoni pekerjaan freelance.

Sebab mau sampai kapanpun mengeluh soal gajinya sebagai karyawan percetakan ini takkan berdampak apa-apa. Seorang karyawan pastilah memperoleh gaji yang lebih sedikit dari owner percetakannya.

Seorang desainer masa kini pun bisa bekerja secara fulltime online. Mereka bisa menjual karya desainnya melalui situs-situs jual-beli karya desain grafis. Beberapa situs yang bisa menjadi display penjualan karya desainer, antara lain:

  • 99Design
  • Fiverr
  • MyFonts
  • Etsy
  • Projects.co.id
  • Envato Market
  • Redbubble

Selain tujuh situs untuk menjual jasa dan karya desain grafis di atas, Anda juga bisa membuat website portfolio dan company profil sendiri. Dengan website promosi milik sendiri, Anda jadi lebih leluasa dalam mengatur desainnya.

Syarat Berkas Lamaran Lowongan Kerja Desain Grafis yang Menarik Perhatian

Untuk memulai pekerjaan dalam bidang desain grafis tentunya Anda membutuhkan sebuah langkah melamar kerja yang tepat. Penulisan berkas lamaran kerja untuk mengisi lowongan kerja desain grafis pun harus bisa menarik perhatian supaya Anda berpotensi untuk dipanggil.

Baca :  ACCOUNTING & TAX OFFICER

Berikut adalah beberapa dokumen yang harus Anda siapkan sebelum melamar kerja sebagai desainer grafis di suatu perusahaan. Berkas ini juga cocok untuk Anda yang mau melobi klien yang sifatnya perseorangan

1. Surat Lamaran Kerja

Mula-mula yang harus Anda siapkan untuk lowongan kerja desain grafis yaitu suratnya. Anda bisa menulis surat ini dengan Ms.Word bila lamaran ternyata harus diupload melalui google drive. Penulisan dengan Ms.Word juga memungkinkan Anda untuk punya masterfile yang bisa digunakan berkali-kali. Formatnya bisa Anda buat menjadi .doc, .docx maupun .pdf.

2. CV (Curriculum Vitae)

Sangat penting untuk membuat CV yang keren dengan desain eksklusif yang mewakili diri Anda. Silahkan coba Anda buat sendiri CV semacam ini dengan bantuan software desain grafis yang mudah dan elegan templatenya, seperti Canva misalnya. Anda juga bisa memakai font buatan sendiri bila punya desainnya untuk menghasilkan desain CV yang satu-satunya di dunia.

3. Portfolio Karya

Untuk portfolio karya desain selama ini bisa Anda presentasikan dalam wujud website sederhana. Jangan ragu membagikan link website yang berisi hasil karya desain grafis Anda. Ini akan lebih menarik minat klien untuk kerjasama.

4. Scan Ijasah

Bila dalam iklan lowongan kerja desain grafis ternyata ada permintaan lulusan sekolah harus D3 maupun S-1 artinya Anda harus melampirkan scan Ijasah perguruan tinggi Anda.

5. Lampiran Scan Sertifikat atau E-Sertifikat

Bila tak ada syarat pendidikan, usahakan untuk melampirkan sertifikat maupun e-sertifikat dalam bidang pelatihan desain grafis. Untuk menunjukkan kesan lebih matang dan profesional dalam bidang ini.

Mungkin selain lima syarat di atas, beberapa perusahaan menghendaki Anda melampirkan pula scan KTP asli. Namun bila tidak ada keterangan tentang permintaan scan atau fotocopy identitas diri, maka saat melobi klien ini tidak perlu Anda sertakan.

Pekerjaan dalam bidang desain grafis memang akan membuat Anda banyak bernegosiasi secara langsung. Penyerahan berkas lamaran akan beriringan dengan proses interview. Seleksi dalam bidang ini umumnya sangat cepat.

Kecuali untuk Anda yang mengikuti seleksi desain grafis dengan cara ikut kontes atau kompetisi. Maka Anda hanya perlu mengupload hasil karya ke situs yang bersangkutan. Agar nantinya calon klien memberikan penilaian tersendiri atas karya Anda.

Check Also

Lowongan Driver

Job Description Lowongan Driver: Job information Lowongan Driver from the Company PT Prima Cahaya Indobeverage (PepsiCola-Indofood Group), this latest Lowongan Driver job vacancy is located in the city Jakarta Utara located in the province DKI Jakarta . This latest job opening is open to job seekers who have the latest education / graduate . Job