Lamaran Kerja Content Writer, Ini Panduan dan Syarat Berkasnya

lokerIDN – Profesi sebagai pekerja kreatif sedang banyak peminatnya. Seperti pekerjaan sebagai content writer, tiap hari banyak yang mencarinya. Meski jumlah lowongan penulis konten sedikit, namun antusiasme masih tinggi.

Sebelum apply lowongan kerja, pastikan Anda sudah riset terlebih dahulu tentang nama-nama perusahaan yang sedang membutuhkan jasa penulis. Anda bisa menemukannya pada Google, sosial media maupun aplikasi freelancer.

Pengertian Content Writer dan Tugas-Tugasnya

Istilah Content Writer berasal dari bahasa Inggris, artinya Penulis Konten. Mereka adalah orang-orang yang bekerja di industri kreatif sebagai pembuat tulisan. Bentuk tulisannya beragam, seperti: artikel, sales letter, narasi video dan lain sebagainya.

Berbeda dari penulis konvensional yang menerbitkan karya hanya melalui media cetak, para content writer menulis di media digital. Karya mereka tayang pada situs website, portal berita, channel YouTube dan berbagai media elektronik lainnya.

Profesi sebagai content writer mayoritas sifatnya WFA atau Work From Anywhere. Namun ada pula yang WFO artinya Work From Office. Hal ini tergantung pada kebijakan media tempatnya bekerja.

Tiap-tiap perusahaan di mana seorang penulis content bekerja memiliki aturan masing-masing. Seorang penulis content wajib mengikuti aturan ini agar bisa survive dalam pekerjaannya. Terutama menyangkut deadline yang harus mematuhi jadwal yang ada.

Hal yang menarik dalam dunia content writing, walau pekerjaan sama-sama menulis, tetap ada perbedaan signifikan antara wilayah jurnalistik dengan penulisan konten internet. Jadi antara wartawan dengan content writer itu dua profesi yang berbeda.

Tugas content writer yang paling utama yaitu menulis artikel. Mereka menulis dengan aturan jumlah kata. Biasanya panjang katanya per artikel antara 300 kata hingga 2000 kata. Namun bisa lebih panjang dari itu tergantung permintaan klien atau media tempatnya bekerja.

Dokumen yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Melamar Kerja Content Writer

Sebelum melamar kerja jadi content writer, ada berkas-berkas penting yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Sebagaimana melamar kerja pada bidang lain, berkas administrasi ini mesti lengkap agar Anda berpeluang dipanggil oleh HRD.

Persyaratan berkas lamaran kerjanya berbeda-beda tergantung pada permintaan. Baik yang membuka lowongan kerja merupakan sebuah perusahaan media, institusi maupun perorangan (individual). Umumnya Anda akan diminta mengirimkan berkas-berkas penting ini.

Berikut adalah beberapa dokumen penting yang harus Anda persiapkan sebelum mendaftar kerja jadi content writer:

  • ‌Surat Lamaran Kerja
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Portfolio
  • Formulir Pendaftaran

Contoh Surat Lamaran Kerja Content Writer

Surat lamaran kerja sangat penting Anda tulis, meskipun melamar pekerjaannya secara online. Hal tersebut karena  surat ini yang akan mewakili Anda pertama kali untuk memperkenalkan diri pada perusahaan atau klien yang membuka lowongan penulis kontennya.

Sebagaimana mengirim berkas lamaran kerja dengan amplop coklat, surat lamaran kerja content writer pun dikirim bersamaan dengan CV dan portfolio karya.

Anda akan menulis surat ini pada badan e-mail bersamaan dengan mengirim berkas dokumen lamaran lengkap. Atau jika HRD meminta mengirim lamaran melalui pos atau ekspedisi, surat lamaran ini pun wajib tetap ada.

Baca :  Accounting Finance Mandarin

Format penulisan surat lamaran kerja content writer via e-mail sama dengan via pos. Anda sebaiknya menulis dengan optimal, yaitu singkat, padat dan jelas. Berikut adalah contoh penulisan surat lamaran penulis konten yang bagus:

Kepada:
(Nama HRD/Manajer/Otoritas Perekrut Kerja)
(Nama Perusahaan)
(Alamat Perusahaan)

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan kerja di media partner Instagram yang diakses pada tanggal 20 September 2023, saya hendak melamar kerja.

Adapun identitas diri saya sebagai berikut:

Nama                                 : [ Nama Anda sesuai KTP]
Tempat & Tanggal Lahir : [ TTL sesuai KTP ]
Umur                                  : [ usia Anda ]
Alamat Domisili               : [ alamat tempat tinggal terkini ]
Status Pekerjaan            : [ pekerjaan saat ini ]
Status Pendidikan.         : [ pendidikan terakhir ]
Posisi yang Dilamar       : [ content writer ]
E-mail                                : [ alamat e-mail aktif ]
No.HP/WhatsApp           : [ nomor ponsel aktif ]

Alasan saya melamar pekerjaan ini karena saya ingin mengembangkan karir dan pengalaman dalam bidang content writing. Saya sudah melampirkan CV dan portfolio sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut.

Sekian dari saya, bila ada follow-up, Bapak/Ibu HRD bisa menghubungi saya melalui e-mail maupun nomor ponsel. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

[ nama Anda ]

Contoh Penyusunan CV untuk Content Writer

Curriculum Vitae (CV) yaitu daftar riwayat hidup yang berisi biodata, riwayat pengalaman kerja, riwayat pendidikan, uraian keterampilan dan keahlian, serta ulasan tentang motivasi melamar kerja. Penulisannya sangat penting karena akan memaparkan lebih detail tentang siapa diri Anda sesungguhnya.

Penulisan CV yang bagus untuk melamar kerja sebagai content writer haruslah Anda tulis secara rapi dan jelas. Strukturnya mesti memuat seluruh informasi dasar yang penting diketahui oleh HRD perusahaan media yang Anda inginkan.

Anda sebaiknya mendesain templatenya agar tampil lebih modern. Bila Anda kesulitan mendesain CV seperti ini, jangan ragu untuk meminta bantuan desainer CV. Mereka pun bisa membuatkan Anda CV yang sifatnya ATS-Friendly.

Apa itu CV ATS? Ini adalah CV yang memuat informasi yang penting dan mudah melacaknya dengan sistem pemindaian Applicant Tracking System (ATS). Kebanyakan perusahaan sudah menerapkan sistem pemilahan berkas lamaran dengan software ATS semacam ini. Sehingga dari ratusan atau bahkan ribuan berkas CV yang masuk, hanya akan terpilih yang sesuai dengan kriteria yang mereka cari.

Kalau untuk perusahaan yang membutuhkan jasa content writer, kemungkinan hanya CV yang mengandung kriteria tertentu saja yang bisa lolos. Misalnya tertera dalam CV tentang kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

  • ‌SEO
  • Riset keyword
  • Kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  • Pengalaman kerja sebelumnya di posisi yang sama
  • Fresh graduate

Ada yang menarik pula dari perusahaan-perusahaan media bahwa mereka terkadang mencari fresh graduate memang. Biasanya untuk posisi content writer intern atau magang. Namun jangan khawatir, bila pengalaman kerja Anda ternyata sudah banyak tetap memiliki peluang lolos.

Untuk itulah penting agar Anda cermat dan cerdas dalam menulis CV. Tidak perlu terlalu menonjolkan diri, sebab nanti yang akan kerepotan juga diri sendiri bila saat interview ternyata jawaban Anda tidak sesuai dengan yang tertera di CV. Terutama soal deskripsi keterampilan dan kemampuan kerja.

Contoh Pembuatan Portfolio untuk Content Writer

Ketika hendak mengirim surat lamaran kerja content writer, Anda juga harus menyiapkan portfolio lebih dulu. Bila belum memilikinya, belajarlah untuk menyusunnya sekarang juga.

Portfolio atau Portofolio adalah sekumpulan berkas contoh karya tulis yang pernah Anda kerjakan sebelumnya. Jadi ini adalah semacam bundle atau kliping yang menunjukkan bukti dan hasil karya Anda selama menjadi penulis lepas atau content writer selama ini.

Baca :  Accounting KD CJR

Portfolio wajib Anda lampirkan, kecuali bila Anda fresh graduate yang baru pernah terjun ke dalam dunia content writing. Sebagai gantinya, Anda cukup melampirkan 1-3 judul artikel buatan sendiri yang belum pernah terbit di media manapun. Buatlah artikel semenarik mungkin dan berdoa saja semoga HRD mau membacanya.

Pertanyaan Umum Ketika Sesi Interview Content Writer

Selamat bila ternyata berkas lamaran kerja Anda lolos dan maju ke tahap interview. Pada tahap inilah, seleksi menjadi penulis konten benar-benar sangat ketat. Anda akan bertemu dengan orang-orang HRD yang telah memiliki preferensi dan indikator penilaian tersendiri.

Kira-kira pertanyaan apa saja yang biasanya ada dalam sesi wawancara? Berikut adalah beberapa pertanyaan menjebak dan sulit yang mungkin akan Anda temui. Adapun jawaban yang harus Anda berikan tidak boleh ambigu dan harus tepat atau selesai sudah harapan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

1. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Riwayat Pekerjaan

Q: Apa pekerjaan Anda sebelumnya?

A: [ jawablah dengan santai, jangan grogi. Ceritakan tentang pengalaman kerja Anda sebelumnya. Dari awal sekali terjun ke dalam bidang content writing. Usahakan bercerita secara runtut. Jika belum ada pengalaman, bicara juga apa adanya ]

2. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Riwayat Pendidikan

Q: Anda lulusan SMA tahun berapa?

A: [ Ada HRD yang memanggil para lulusan SMA/sederajat untuk meramaikan suasana. Sebab syarat minimal dalam lowongan memang tingkat pendidikan menengah atas. Jawab saja dengan percaya diri bahwa Anda lulus tahun sekian. Jangan minder meski banyak saingan yang sarjana ].

3. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Motivasi Kerja

Q: Mengapa ingin bekerja di perusahaan kami?

A: [ jawablah bahwa Anda membutuhkan pengalaman kerja di perusahaan media yang memiliki banyak karyawan dan bisa datang ke kantor. Sehingga meski Anda bekerja dari rumah, pekerjaan sebagai penulis akan terasa pasti dan nyata. Ceritakan impian dan kesenangan Anda untuk bertemu dengan rekan-rekan sesama penulis jika berhasil bergabung dengan tim perusahaan. Ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki kepribadian yang menyenangkan dan ceria].

4. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Kemampuan Menulis Per Hari

Q: Berapa banyak artikel yang bisa Anda tulis dalam sehari?

A: [ sebutkan jumlah artikel yang memungkinkan Anda tulis dalam sehari kerja. Durasi kerja seorang content writer itu maksimal 8 jam idealnya ].

5. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Kemampuan Teknis Menulis

Q: Jelaskan tentang SEO dan bagaimana riset kata kunci!

A: [ SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimisation, yaitu suatu metode untuk membuat tulisan artikel berhasil menempati halaman pertama pencarian Google. Riset kata kunci adalah sebuah teknik untuk menemukan dan menentukan kata kunci terbaik untuk ditulis menjadi topik sebuah artikel, proses risetnya bisa melalui: keywordtool.io, Ubbersuggest, SEMrush, Google Trends, dll. ]

6. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Gaji

Q  Jika Anda diterima, berapa gaji yang Anda inginkan?


A: [ Saya bersedia memperoleh gaji pokok sesuai dengan standar gaji yang berlaku di perusahaan.]

Kesimpulan

Menjadi seorang content writer itu tidak mudah. Apalagi saat ini, persaingan dan kompetisi mencari kerja masih sangat ketat. Menyiapkan surat lamaran kerja sebagai content writer akan mengajari tentang bagaimana menyusun sebuah masa depan. Anda akan lebih pandai menulis riwayat hidup, bila sudah sering mendaftar lowongan penulis lepas ke mana-mana.

Check Also

Mitra Driver / Pengemudi

Job Description Mitra Driver / Pengemudi: Job information Mitra Driver / Pengemudi from the Company PT Prima Cahaya Indobeverage (PepsiCola-Indofood Group), this latest Mitra Driver / Pengemudi job vacancy is located in the city Kecamatan Tangerang located in the province Banten . This latest job opening is open to job seekers who have the latest